Berita

Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno Apresiasi Event Sound of Borobudur 24 Juni 2021

Kamis, 10 Juni 2021 - 16:43
Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno Apresiasi Event Sound of Borobudur 24 Juni 2021 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.(Foto: Dok.Pribadi)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Musik menjadi sebuah alat komunikasi, sekaligus sebagai media diplomasi paling tidak semenjak 13 abad yang lalu sampai hari ini. Baik dalam konteks lintas bangsa, maupun lintas daerah dan lintas etnis di nusantara. Hal ini dapat dibuktikan dari keberadaan alat-alat musik yang tergambar di relief Borobudur.

Sebagian alat musik di antaranya sampai hari ini masih ada dan masih dimainkan di 34 provinsi di Indonesia, serta di lebih dari 40 negara di seluruh dunia. Sementara uniknya, sebagian dari alat-alat musik tersebut kini tidak lagi dapat ditemukan keberadaanya dalam kesenian yang ada di Jawa.

Dari realitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada masa lalu, Borobudur merupakan titik pertemuan lintas bangsa dan lintas budaya, serta sebagian dari alat-alat musik tersebut dibawa dari luar untuk dihadirkan di Borobudur.

Atau bisa pula sebaliknya, berawal dari Borobudur, maka terjadilah penyebaran alat-alat musik tersebut ke segala penjuru nusantara dan berbagai belahan dunia.

Sandiaga Uno dan Ganjar Mengapresiasi

Jelang event akbar bergengsi Sound of Borobudur pada 24 Juni 2021 nanti sejumlah tokoh nasional memberikan apresiasi, dukungan moril dan doa untuk kesuksesannya. 

"Sesuai arahan Presiden dan RPJMN 2020-2024, Borobudur telah ditetapkan sebagai satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP), yang diarahkan untuk menjadi destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan," tegas Dr. H. Sandiago Salahudin Uno, BA., MBA, (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI).

Keutuhan dan kelestarian candi Borobudur serta pemberdayaan masyarakat lokal di sekitar candi menjadi sebuah prioritas dalam pengembangan DSP Borobudur.

"Saya mengapresiasi kolaborasi antar berbagai komunitas dengan para ahli sejarah, sosial, dan budaya untuk membuat kajian ilmiah yang sangat berkontribusi memperkuat nilai budaya dan historis, serta storynomics, di mana harus ada cerita dan ada nilai ekonominya," jelasnya.

Candi Borobudur mengandung banyak sumber pengetahuan, termasuk dalam bidang musik. Dari berbagai relief di Borobudur bisa kita saksikan banyak relief yang menggambarkan pemusik sedang memainkan beragam alat musik, hal ini menunjukkan bahwa Borobudur merupakan pertemuan musik dunia di masa lalu.

Hal ini tentu juga penting sebagai bahan kajian dan pertimbangan kebijakan pemerintah ke depan, khususnya dalam bidang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menilai jika Sound of Borobudur sebenarnya reinventing yang dahsyat. Para musisi ini melakukan riset meng-eksplore alat musik yang ada di relief, kemudian di replika dan dibunyikan.

"Ada seniman-seniman yang menggagas idenya, dan ada ilmuwan-ilmuwan yang dilibatkan untuk mengkaji secara ilmiah.

Mimpi para musisi itu, katanya bukan hanya sekadar untuk membuat, namun juga membunyikannya," tandas pria kandidat kuat (bacapres) Indonesia 2024 ini.

Mereka juga melakukan riset dengan hipotesis 'Borobudur memang adalah pusat seni, pusat musik dunia, atau kita adalah tempat bertemunya peralatan musik, instrumen dari seluruh dunia.

"Saya ingin kelanjutan dari ini semua adalah, yang pertama, bagaimana alat musik ini diproduksi. Kemudian, yang kedua, bagaimana alat musik ini bisa dimainkan dan dilakukan workshop. Keberadaan alat-alat musik ini akan memperkaya Borobudur," jelasnya.

Ia menegaskan, mendukung upaya menjadikan Borobudur sebagai pusat kesenian dunia. Dengan temuan para musisi-musisi ini ia yakin bahwa Sound of Borobudur akan memperkaya dan menambah daya tarik kawasan ini.

Ganjar juga ingin dorong agar nanti bisa terbangun sekolah musik di Borobudur, agar kemudian banyak orang akan sharing dan belajar di sini. From sound of Borobudur, menjadi show of Borobudur. Itulah Borobudur School of Music.

"Mungkin ke depan kita tidak perlu membuat hal baru di sini, cukup mewujudkan apa-apa saja yang ada di relief candi itu dijadikan sebuah pertunjukan menarik. Tidak menutup kemungkinan nanti ada tarian-tarian yang terpahat di relief itu ke depan bisa digerakkan di kehidupan nyata. Maka orang yang berwisata nanti akan betah, karena akan mendapatkan soul-nya Borobudur," kata Ganjar Pranowo. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.