TIMES JAKARTA – Event tahunan Jakarta Coffee Week (Jacoweek) akan kembali hadir untuk para pecinta kopi Indonesia. Event tahunan bergengsi ini dijadwalkan berlangsung pada 31 Oktober hingga 2 November 2025 di ICE BSD Hall 3–3A, Tangerang Selatan.
Dengan mengusung tema “A Decades of Passion”, Jacoweek 2025 menjadi penanda perjalanan satu dekade dedikasi dan cinta terhadap industri kopi Indonesia. Tahun ini, penyelenggara menjanjikan skala yang jauh lebih besar dan pengalaman yang lebih kaya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
“Tahun ini secara ukuran tempat, kami dua kali lebih besar dibandingkan dari tahun sebelumnya,” ujar Co-Founder Jakarta Coffee Week, Hendri Kurniawan, dalam konferensi pers di Roemah Koffie, Selasa (28/10/2025).
Target Pengunjung Jakarta Coffee Week
Dari sisi pengunjung, Hendri mengungkapkan memiliki target sebanyak 30 ribu pengunjung selama tiga hari penyelenggaraan Jakarta Coffee Week 2025.
“Sedangkan untuk jumlah dan nominal transaksi pada Jakarta Coffee Week 2025 diharapkan lebih baik dari tahun lalu,” ungkap Hendri.
Hendri menjelaskan sejak pertama kali digelar tepatnya 10 tahun lalu, Jakarta Coffee Week konsisten menunjukkan dukungan kuat terhadap perkembangan industri kopi Indonesia.
“Kami gembira melihat hasilnya seperti kualitas kopi lokal semakin diakui, dan perwakilan barista kita sukses mengharumkan nama bangsa di kompetisi dunia. Inilah visi yang kami bawa sejak awal,” jelasnya.
Fokus Edukasi dan Kolaborasi
Menurutnya, selama satu dekade ini Jakarta Coffee Week fokus membangun fondasi edukasi dan kolaborasi yang kuat dan kini Jakarta Coffee Week berupaya menciptakan sinergi yang lebih besar dan berdampak bagi pertumbuhan industri kopi Indonesia yang berkelanjutan di masa depan.
Ia menerangkan pada Jakarta Coffee Week 2025 ini akan hadir lima kategori kompetisi utama yakni Delifru Drink Expert, Iron Tongue by Young Baek, Tarung Tiga, Nordic E-Roasting Challenge dan Roemah Koffie Latte Art Competition.
Bahkan Jakarta Coffee Week memperluas cakupan dengan menghadirkan Matcha Match, sebuah kompetisi khusus bagi para pecinta matcha hasil kolaborasi dengan Indonesia Tea Culture yang menandai langkah baru dalam merangkul budaya teh di tengah maraknya tren konsumsi teh di kalangan generasi muda Indonesia.
“Ke depannya, kami berkomitmen untuk terus membawa Jacoweek menjadi jembatan bagi kolaborasi baru yang lebih solid dan impactful. Harapan kami, semua pelaku industri bisa saling bergandengan tangan untuk memastikan pertumbuhan industri kopi Indonesia terus maju dan berkembang,” tutur Hendri. (*)
| Pewarta | : Ahmad Nuril Fahmi |
| Editor | : Ferry Agusta Satrio |