Berita

Perpaduan Islam dan Hindu, Tari Burcek Wujud Toleransi dan Kolaborasi Beragama

Sabtu, 15 Januari 2022 - 09:42
Perpaduan Islam dan Hindu, Tari Burcek Wujud Toleransi dan Kolaborasi Beragama Menag dan Wakil Gubernur Bali menyaksikan tarian Burcek yang dikembangkan di Kabupaten Karangasem Bali. (Foto: Dok. Kemenag)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Wujud toleransi beragama bisa dalam bentuk apa saja termasuk seni budaya salah satu contohnya ialah Tari Burcek. Tarian ini merupakan gabungan seni Burdah dari unsur Islam Melayu dan seni Cekepung dari unsur Hindu Bali.

Tarian yang berasal dari Kabupaten Karangasem, Bali ini dipertunjukkan pada Dialog Penguatan Moderasi Beragama Menyambut Tahun Toleransi 2022 di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Bali pada Jumat (14/01/2022) kemarin.

Di hadapan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati dan Kakanwil Kemenag Bali Komang Sri Marheni serta tamu undangan lain, kesenian tradisional Burcek ini dibawakan delapan pria Hindu Bali dan delapan pria muslim yang mengenakan peci dengan pakaian teluk belanga hitam khas melayu. 

Rebab, rebana dan seruling tradisional Bali menjadi musik pengiring penampilan seni Burcek dengan bait dan lirik bahasa Bali yang ditampilkan, Seni Burcek ini sangat kental dengan nilai toleransi dan kerukunan antar umat beragama.

Menurut Kakanwil Bali, Burcek menjadi salah satu ikon Moderasi Beragama dari kearifan lokal yang terus dilestarikan di Bali.

"Tari Burcek yang dikembangkan di Karangasem menjadi bukti nilai-nilai moderasi telah lama diwariskan oleh leluhur kita. Dan saat ini, Kanwil Kemenag Bali aktif menumbuhkan kembali kearifan lokal yang sarat dengan nilai Moderasi Beragama," ujar Komang Sri Marheni dikutip dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (15/1/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan masyarakat Provinsi Bali siap menyukseskan Tahun Toleransi 2022 yang diinisiasi Kemenag.

"Sehingga menunjukkan Bali sebagai provinsi yang memiliki tingkat toleransi antar umat beragama yang tinggi. Semoga keindahan Pulau Bali yang menjadi salah satu destinasi wisata dunia dapat memberikan kontribusi positif dalam menyambut tahun toleransi 2022," tandasnya dalam acara yang menampilkan Tari Burcek ini. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.