Berita

Anjing Corgi Kesukaan Ratu Elizabeth II Harganya Meroket

Jumat, 30 September 2022 - 22:36
Anjing Corgi Kesukaan Ratu Elizabeth II Harganya Meroket Anjing corgi kesayangan Ratu Elizabeth II tak jarang ikut dalam acara-acara resmi. (FOTO: The New York Post/Getty Image)

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Setelah kematian Ratu Elizabeth II, harga seekor anjing trah corgi mencapai rekor tertinggi, yakni $ 2.600 atau setara dengan Rp 39,5 juta-an.

Bahkan pencarian melalui on-line anjing trah corgi ini, setelah kematian Ratu Elizabeth II telah meningkat sepuluh kali lipat.

Ratu Elizabeth II adalah penyayang binatang, terutama anjing, terlebih trah corgi, selain kuda.

Detik-detik terakhir sebelum meninggal dunia, Ratu Elizabeth II selalu ditemani dua anjing trah corgi, Muick dan Sandy namanya. "Corgis saya adalah keluarga," kata Ratu Elizabeth II suatu ketika seperti dilansir Elpais.com.

Corgi adalah anjing dengan ukuran terkecil di groupnya, yaitu group Herding. Nama corgi berarti anjing kerdil. Karena tubuhnya panjang dengan kaki yang pendek. Corgi berasal dari kata "cor" yang berarti kerdil dan "ci" yang berarti anjing, anjing kerdil.

Namun corgi adalah anjing penggembala yang handal. Digunakan untuk menggembalakan domba atau hewan ternak berukuran kecil sampai menengah. Saking handalnya, kadang corgi sering mematuk kaki manusia yang berjalan disampingnya sesuai kebiasaannya yang mematok hewan ternak untuk mengkoreksi barisan ternak.

Trah Corgi juga sudah sangat tua, dibawa oleh suku Viking ke Inggris, 1000 tahun lalu. Corgi modern dibawa ke Inggris pada sekitar tahun 1100-an.

Anjing-corgi-kesayangan-Ratu-Elizabeth-II-a.jpgSalah satu kebiasaan Ratu Elizabeth II adalah selalu menyapa dan membelai corgi kesayangannya.(FOTOB: The New York Post/Getty Image)

Ada dua jenis corgi yaitu Pembroke Welsh Corgi yang lebih populer dan Cardigan Welsh Corgi.

Cardigan biasanya memiliki tubuh lebih besar dan memiliki ekor yang panjang serta memiliki sifat yang lebih galak, beda dengan Pembroke yang sangat jinak.

Sebagian corgi lahir tanpa ekor alias bobtail. Sedangkan yang lahir dengan ekor, biasanya akan dipotong sampai habis agar tidak ada ekor. Kenapa harus dipostong ?, supaya dia bisa berlari dengan lebih leluasa karena ekor corgi ternyata sangat besar jika dibanding dengan besar tubuhnya.

Corgis pertama Ratu Elizabeth II adalah anak anjing bernama Susan yang diberikan kepadanya oleh orang tuanya pada pada hari ulang tahunnya yang ke-18 di tahun 1944.

Putri muda itu jatuh cinta dengan jenis penggembalaan khas Welsh ini. Memang, dia sangat mencintai corgi sampai-sampai ia memiliki lebih dari 30 keturunan Susan selama enam dekade berikutnya. “Corgis saya adalah keluarga,” Elizabeth II pernah berkata.

Corgis sering terlihat berjalan di samping Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, dan muncul di sampingnya dalam banyak foto pribadi, serta potret resmi.

Mereka adalah bagian tak terpisahkan dari citranya, dan setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022 lalu,  harga seekor anjing corgi telah memecahkan rekor baru, menurut kantor berita AFP.

“Harga yang diminta oleh peternak corgi terdaftar hari ini mencapai level tertinggi baru, dengan rata-rata harga permintaan dua kali lipat selama tiga hari terakhir," kata Pets4Homes, toko hewan peliharaan online di Inggris,  kepada kantor berit itu.

Untuk pertama kalinya, seekor corgi terjual lebih dari £2.500 ($2.678), bahkan melebihi harga yang dicapai selama pandemi, ketika ada lonjakan besar dalam permintaan untuk hewan peliharaan.

Pets4Homes menambahkan bahwa itu mengalami "lebih dari 10 kali volume pencarian harian untuk corgis jika dibandingkan dengan waktu ini minggu lalu."

Menurut Kennel Club, salah satu peternak anjing ras terbesar di Inggris, harga corgi juga memecahkan rekor pada tahun 1944, ketika ratu diberi hadiah Susan.

"Orang-orang, peternak, melayani pasar untuk seekor anjing yang tiba-tiba menjadi sangat populer. Ini adalah efek 101 Dalmatians," Ciara Farrell, Manajer Koleksi dan Perpustakaan Kennel Club, mengatakan kepada BBC mengacu pada lonjakan popularitas dalmatians setelah rilis film animasi Disney 1961.

Karena surat kabar dan televisi menunjukkan gambar Ratu Elizabeth II muda dengan keluarga dan corginya, permintaan untuk jenis corgi meningkat lagi pada tahun 1960-an, dengan hampir 9.000 pendaftaran anak anjing.

Pada akhir 1990-an, minat mulai memudar, dan pada 2014, Kennel Club memasukkan corgi ke dalam kategori breed asli yang rentan, dengan hanya 274 pendaftaran anjing baru.

Pada 2017, pendaftaran meningkat 17%, dan 47% setahun kemudian, pada 2018. Periode ini bertepatan dengan perilisan acara TV Netflix populer The Crown, yang mengikuti kehidupan Ratu Elizabeth II.

Saking cintanya Ratu Elizabeth II pada corgi, sampai-sampai suatu ketika ia bertitah, melarang corgi dibawa keluar dari Inggris demi mempertahankan galur aslinya.

Dua corgi terakhir yang dimiliki oleh Elizabeth II adalah Muick dan Sandy, yang diberikan kepadanya oleh putranya, Pangeran Andrew, setelah kematian Duke of Edinburgh, pada April 2021. 

Angela Kelly, penata rias ratu, mengatakan pada saat itu: "Saya khawatir mereka akan berada di bawah kaki Ratu, tetapi mereka ternyata adalah anugerah. Mereka cantik dan sangat menyenangkan dan Ratu sering berjalan-jalan dengan mereka di Home Park," katanya.

"Muick dan Sandy tinggal bersama ratu sampai saat-saat terakhirnya," kata sumber yang dekat dengan istana kepada surat kabar Inggris Daily Mail.

Pada 19 September, dua corgis itu juga berdiri bersama Pangeran Andrew di luar Kastil Windsor untuk mengucapkan selamat tinggal kepada mantan pemiliknya.

Di luar, banyak warga Inggris juga memutuskan untuk membawa corgis mereka sendiri untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Ratu Elizabeth II. (*)

 

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jakarta just now

Welcome to TIMES Jakarta

TIMES Jakarta is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.